PULAU SEMPU

PULAU SEMPU- MALANG

 

Pulau Sempu adalah salah satu kawasan cagar alam yang ada di Jawa Timur. Pulau yang terletak di sebelah selatan Malang ini memiliki luas pulau kurang lebih 877 hektar yang secara resmi telah ditetapkan sebagai daerah cagar alam sejak tahun 1928. Berdasarkan pengelolaan kawasan konservasi, Cagar Alam Sempu termasuk ke dalam wilayah kerja Sub-Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Malang.

Kawasan ini memiliki banyak potensi alam yang indah dan menarik minat banyak wisatawan asing maupun domestik. Dengan keadaan alamnya yang khas, Pulau Sempu sangat cocok sebagai tempat wisata maupun untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

 

Untuk menuju ke pulau, kita harus mempergunakan perahu motor para nelayan yang biasa disewakan buat para wisatawan yang ingin menyeberang ke pulau. Bagi para nelayan, penyewaan perahu dijadikan sebagai mata pencaharian sambilan dan dapat memberi nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tarif yang diberikan biasanya sebesar Rp 30.000-Rp 40.000 antar jemput untuk sebuah perahu berkapasitas 30 orang.

alan masuk yang biasa dipakai bila kita ingin berkeliling pulau adalah Waru-waru dan Teluk Semut. Masuk melalui Waru-waru dibutuhkan bila kita ingin menuju ke Telaga Lele atau Telaga Sat. Telaga Lele merupakan satu-satunya sumber air tawar yang ada dan sering dijadikan tempat perkemahan. Sedangkan untuk menuju ke Segara Anakan kita melalui Teluk Semut.

Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di segara anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang.
Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas, laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar.

Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.

Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri.
Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing2 raksasa, sangat indah memang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s